Notification

×

Iklan

Iklan

Rocky Gerung , Coki Pardede Dan Cania Citta Bicara Demokrasi

20 Apr 2024 | 15:37 WIB Last Updated 2024-04-20T08:37:27Z
JAKARTA,-DETIKCO.COM - Rocky gerung yang selama ini dikenal sebagai akademisi dan intelektual publik juga sebagai pendiri setara institute dan fellow pada perhimpunan pendidikan demokrasi, belum lama ini diundang sebagai pembicara di sebuah podcast untuk membicara kan tentang demokrasi.(16/04/2024)

Dalam kesempatan tersebut ditanyakan oleh Cania bahwa selama ini rocky gerung dikenal sebagai wakil suara oposi dan dijawab oleh Rocky "bahwa didalam politik orang harus memproduce noise bukan voice, buat apa ada voice sebetulnya itu. Kan kalau dia hanya sekedar voice tidak ada noise lalu tidak ada keseimbangan antara yang menginginkan dan yang tidak menginginkan. Saya lebih senang menghasilkan noise dari pada voice" ucapnya.

Ditegaskan lagi oleh rocky "Jadi oposisi itu dimaksudkan untuk mengganggu voice yang diucapkan pemerintah" ujarnya. 

Kanal youtube malaka project dimana salah satu pendirinya adalah Coki Pardede menanyakan tentang dikeadaan seperti apa noise ini bisa ditolelir dan adakah situasi - situasi tertentu noise ini malah jadi tidak bisa ditolelir dan kemudian dijawab dengan tegas oleh rocky gerung bahwa "tidak mungkin" ujarnya. 

"Didalam natural,  kita hidup dalam binary option, ada voice ada noise, pasti itu" tegasnya lagi. 

"Sebetulnya itu pasangan yang harus ada,  tergantung dimana voice itu jadi otonom dan noise itu tumbuh sebagai pengganggu,  karna tidak boleh ada otonomi, selalu musti ada keadaan dimana dimungkinkan ada diskursus,  deliberative democracy" pungkasnya. 

Untuk lebih lengkapnya pembicaraan demokrasi dengan Rocky gerung ini dapat di akses langsung di chanel youtube @MalakaProjectid
Reporter: N. Arifin
×
Berita Terbaru Update